Setup DHCP di akses point

Setup DHCP di akses point

kali ini saya punya sedikit ulasan tentang cara set-up DHCP server di akses point, untuk pengertian DHCP sendiri :

 DHCP merupakan singkatan dari (Dynamic Host Configuration Protocol), DHCP Server itu sendiri adalah server yang memiliki layanan untuk memberikan IP otomatis pada host / komputer /client pada jaringan TCP/IP yang memintanya.
Sehingga administrator tidak perlu memberikan IP manual pada client nya tersebut karena pengalokasian IP sudah diberikan oleh server. Karena DHCP berbasis arsitektur client / server maka di dalam DHCP ada terdapat dua pihak yang terlibat yakni DHCP Server dan DHCP Client.

Cara kerja DHCP :
Ada empat tahap cara kerja DHCP sebagai berikut :

DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.

DHCPOFFER: Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.

DHCPREQUEST: Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan.

DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya. Klien selanjutnya akan memulai proses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP, klien pun dapat memulai komunikasi jaringan.

sebelumnya agan2 pasti sudah punya kan accses point nya atau pun media lainnya untuk share network.

1. Masuk ke program akses point kita ( disini saya contohkan menggunakan akses point, adapun banyak media lain seperti routerboard(mikrotik,cisco) dll sebagainya).


2. lakukan set-up seperti gambar di bawah untuk pemberian range ip yang akan kita gunakan untuk user.


3.save and reboot device kita


Selesai.. untuk media lain settingan tidak jauh sama seperti ini pada intinya.

thanks ... keep calm and stay away from drugs


EmoticonEmoticon